Tips melaksanakan PRAKERIN ( Bag. 1 )

Bapak ucapin met menempuh masa PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) buat siswa2ku yang aku banggakan, disaat inilah kalian bisa belajar lebih banyak dan sekaligus bisa mempraktekkan lebih real dari ilmu yang telah kalian pelajari di sekolah. Bapak hanya mengharapkan agar kalian bisa benar2 melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab.

5 bulan masa PRAKERIN yang harus kalian tempuh memang bukanlah waktu yang pendek (Klo cuman 5 hari itu baru waktu yang pendek), dan Bapak 112,57 % sangat yakin masa 5 bulan itu akan terasa seperti 5 tahun jika kalian hanya melaksanakan kegiatan 4D (Datang, Duduk, Diam dan Dombleh) di lokasi PRAKERIN kalian masing2, Ayoh ingat kembali tips2 yang telah Bapak berikan kepada kalian, kalian harus bisa secara mandiri menciptakan kegiatan namun tentu saja kegiatan yang bermanfaat bagi INSTANSi/INDUSTRI di tempat kalian, jadi jangan pernah nunggu untuk disuruh, hari gini dah gak jaman seperti itu anak2ku sekalian.

Ok dech, mungkin saja ada yang sudah lupa. Klo gtu Bapak ingatkan lagi Tips2 kegiatan2 yang bisa kalian lakukan dalam rangka mengisi masa PRAKERIN kalian.

1. Mengenal orang2 di lingkungan kerja kalian.

Bersikap dan bertutur katalah yang sopan dan ramah, dengan demikian kalian bisa lebih mudah mengenal mereka, informasi yang kalian butuhkan antara lain : Nama, Jabatan, Karakter, tempat tinggal dan hal yang berkaitan tentang diri meraka. Trus klo status mereka dah berkeluarga ato belum gimana, perlu gak...? "Maksud Loe...? Emang Loe mo ngapain, mo godain klo masih single...? Iya klo masih single, klo dah beristri ato bersuami...? wah bisa gawat tuh. Loe bisa didamprat trus di usir gitu...? Aduh jangan sampe ya anak2ku sekalian. Berikut ini contoh dari manfaat kalian tahu mengenai data diri mereka. Suatu ketika ada orang yang nyariin Boz kalian, trus di ruangan tersebut hanya ada Udin Pe'ak (Siswa PRAKERIN), Tamu: "Maaf de' Bapak Arif Palallo ada gak? Tanya seorang tamu, Udin Pe'ak: "Oh Bapak Arif dah pulang Pak", Tamu: "Kamu tahu rumahnya dimana?, Udin Pe'ak: "Rumah Bapak Arif di Jl. Cengkeh No. 31 RW01/RT03 Kel. Temmalebba (Weh lengkap banget, btw ini alamat rumah Gw sendiri, hihihihi.... :D). Nah singkat kata, besoknya Sang Boz bertanya kepada semua orang di ruangan kalian, Boz: "Kemarin siapa yang ngasih alamat Bapak ke orang yang kemaren datang ke sini...?", Rame2: "Orang siapa Pak...?", Boz: "Yang itu, orangnya tinggi besar agak Ndut trus kalo jalan pantatnya megal-megol (Weh ngejelasinnya gak usah pke ngehina segala Boz)", dengan agak terbatah-batah Udin berkata: "Sss...saya Pak", Boz: "Apa....?Kamu Udin...?", Udin: "Iiii...y...ya Pak", Boz: "Aduh...!!!", Si Udin dengan wajah ketakutan dan berkata dalam hati ("Wah berabe' nih urusan, jangan2 yang kemaren itu orang yang suka dateng nagih utang ke Boz...???"), Boz: "Aduh makasih banget Udinnnnnnn (Weh kebanyakan vitamin N tuh), orang yang kemaren itu adalah orang yang nemuin dompet Bapak yang jatuh ntah dimana (Rupanya isinya Kartu Kredit hampir smua Bank yang ada di Indonesia, makanya berharga banget), Pas kemaren hari terakhir bayarin utang di Bank lagi, untung aja Bapak itu datang tepat waktu, Ok Udin sebagai hadiah kamu mo diberi apa?Ini sebagai tanda terima kasih Bapak, Udin: "Aduh Pak...jangan...!!!", Boz: "Kenapa Udin, ini ikhlas koq (sambil ngeluarin duit 100 rebu)", Udin: "Maksud saya jangan ragu2 Pak ngasih banyak2...(Wah ini sih kelewatan... :D) --End Story--. Nah itu buktinya, makanya informasi tentang orang2 yang berada di lingkungan kerja kalian, sangat perlu kalian tahu.

2. Mengenal Perangkat2 komputer yang ada di lingkungan kerja kalian.

Sangat penting bagi kalian untuk mengetahui peralatan2 yang digunakan di lingkungan kerja kalian, terutama data hardware dan software. Untuk bisa mengetahuinya kalian harus melakukan pendataan tentang Spesifikasi Hardware dan Software2 apa saja yang digunakan. Buatlah lembaran2 form pengisian data hardware dan software. Kegiatan ini seharusnya kalian lakukan di awal2 kalian PRAKERIN. Data ini sangat berguna di kemudian hari, terutama ketika terjadi kerusakan baik itu hardware maupun softwarenya. Contoh: Suatu ketika sebuah komputer rusak total softwarenya, jadi sama sekali gak bisa ngejalanin Windows, klo yang paling parahkan mesti di install ulang tuh. Informasi yang sangat dibutuhkan ketika kita akan melakukan instalasi ulang Sistem Operasi kan, misal pake Windows versi berapa, software aplikasinya apa saja, dan driver2 hardware penting misal VGA, Sound dan LAN. Nah dengan data yang telah kalian dapat sebelumnya, kalian tidak perlu lagi bertanya kepada orang yang menggunakannya (La wong kadang2 penggunanya sendiri gak tau tentang data tersebut), ini bisa mempermudah dan mempercepat kerja kalian untuk bisa mengembalikan kondisinya seperti semula.

Bersambung.... ( Ke bag. 2 )

Comments

tikabanget™ said…
wekekekekkk..
ooo.. dah jadi guru thooo...
*mamlah baru tau... ;p*

Popular posts from this blog

Tips melaksanakan PRAKERIN (Bag.2)

Septinus George Saa, Uang Bukan Segalanya untuk Maju

Namanya juga usaha..!