Tips melaksanakan PRAKERIN (Bag.2)

3. Mengenal aturan2 yang ada di lingkungan kerja kalian

Kalian benar2 harus tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di tempat kalian PRAKERIN, tanyalah kepada pembimbing kalian mengenai hal itu. Disiplin waktu adalah hal yg sangat penting, datanglah sebelum waktunya (Subuh2 lebih baek, tapi jangan tengah malem jam 3 yah, ntar dikirain maling lagi... :D), berpakaian yang rapi dan sopan juga sangat penting sesuaikan dengan aturang yg ditentukan, misal pake kemeja putih dan celana hitam untuk hari senin - kamis, trus pakaian olahraga untuk hari Jum'at, serta pakaian tidur untuk hari Sabtu (Weg kaga salah tuh Bang..., Loh itu bagi kalian yg hanya dapet 5 hari kerja, nah hari Sabtu kan bisa molor sepuas2nya... :D). Kalo terpaksa gak bisa hadir, sebisa mungkin ngasih kabar ke pembimbing kalian, misal lewat Surat, SMS, telepon ato teman satu lokasi kalian, supaya mereka tahu mengapa kalian tidak hadir.

4. Menentukan kegiatan rutin kalian

Sebenarnya kalian sudah bisa menentukan rencana kegiatan ketika di awal proses PRAKERIN berlangsung, karena kalian sudah bisa melihat situasi dan kondisi lokasi PRAKERIN kalian. Misalnya, melakukan pengecekan rutin setiap hari sebelum pulang terhadap kondisi dari komputer2 yang ada di tempat kalian, terutama fungsi software-nya, kalo ada masalah dan gak begitu sulit sebaiknya langsung diselesaikan sehingga besok pagi komputer bener2 siap untuk digunakan kembali. Lakukan scanning virus secara rutin sekaligus meng-Update Anti Virusnya demi keamanan semua komputer yg ada, hapus file2 yang tidak berguna (Junk File) menggunakan tools seperti System Mechanic, lakukan Backup data2 penting ke media lain misal Flash Disk ato CD sehingga data bener2 aman, lakukan pembersihan pada alat2 komputer yg ada, misal 2 kali seminggu sehingga peralatan tetep kelihatan bersih dan baru. Nah ini semua bertujuan aga kalian tetap punya kegiatan setiap harinya dan tentu saja kegiatan in sangat bermanfaat buat kalian dan juga tempat PRAKERIN kalian.

5. Isi waktu senggang dengan kegiatan yang bermanfaat

Isi waktu senggang kalian dengan kegiatan yg bermanfaat, misal baca2 buku, nyari informasi di Internet, ini Bapak kasih referensi situs yg bagus untuk kalian, Ilmukomputer.com, klik-kanan.com, ato cari tanya aja sama Paman Google menggunakan keyword "Belajar Komputer". Namun pesan Bapak jangan sekali-kali apalagi sampe 10 kali ada yg maen Game baik di waktu senggang apalagi di waktu kerja. Chatting boleh saja yg penting digunakan untuk konsultasi, misal Chatting sam Bapak ato teman2 kalian di lokasi yg lain.

Bersambung... (Ke Bag.3) (hihihi....kayak Sinetron aja... :D)

Comments

Popular posts from this blog

Septinus George Saa, Uang Bukan Segalanya untuk Maju

Namanya juga usaha..!